Misteri Yang Terdapat di Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Selain pantai, saat ini air terjun pun juga sering menjadi pilihan utama buat para wisatawan yang hendak liburan ke Jogjakarta. Salah satu air terjun yang akhir-akhir ini lagi buming dan banyak diminati oleh kalangan wisatawan adalah air terjun Sri Gethuk. Hal tersebut dikarenakan selain mempunyai pemandangan yang begitu menawan, air terjun ini juga mempunyai banyak misteri di dalamnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini informasi mengenai objek wisata Sri Gethuk.

Asal usul Air Terjun Sri Gethuk

Pada dasarnya Sri Gethuk sendiri bermula dari legenda di Desa Bleberan. Yang mana dulunya air terjun ini dinamakan Kethuk. Menurut warga sekitar, kethuk ini merupakan salah satu instrument gamelan yang dimiliki oleh Jin Anggo Meduro yang dulunya disimpan ditemat air terjun. Sehingga air terjun yang sangat eksotis dan memesona ini dikenal dengan nama Sri Gethuk.

Misteri Air Terjun

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, selain dikenal sebagai tempat wisata alam yang menakjubkan. Sri Gethuk sendiri juga dikenal memiliki banyak misteri di dalamnya. Menurut warga sekitar, air terjun ini merupakan salah satu tempat berkumpulnya para jin/ makhluk halus. Yang mana, para jin tersebut dipimpin oleh seorang jin yang bernama Anggo Menduro. Konon katanya, jin ini sangat menyukai kesenian Jawa seperti Jatilan dan Karawitan.

Tidak sampai di situ saja, konon ada beberapa warga sekitar yang sering mendengar suara gamelan dikawasan air terjun ini. Anehnya lagi, ketika mendengar suara gamelan tersebut, bila didekati suara gamelannya akan langsung hilang seketika. Peristiwa inilah biasanya sering disebut oleh orang jawadengan nama kelam.

Transportasi dan Lokasi

Bagi Anda yang tertarik untuk menikmati keindahan dan misteri dari objek wisata Air Terjun ini tidak perlu khawatir tersesat. Apalagi jika anda menggunakan jasa rental mobil Jogja. Selain itu dengan menggunakan jasa  rental mobil jogja perjalanan anda juga akan terasa lebih nyaman.

Sedangkan lokasi dari wisata ini berada di Desa Wisata Bleberan, Kabupaten Gunung Kidul.

Objek Wisata Dekat Air Terjun

Setelah Anda selesai menikmati air terjun ini, jangan langsung pulang terlebih dahulu. Karena di sekitar air terjun ini terdapat banyak sekali objek wisata yang tidak kalah menariknya. Anda juga bisa menuju objek wisata yang dekat dengan air terjun ini dengan menggunakan jasa rental mobil jogja . Untuk lebih jelasnya, berikut ini objek wisata dekat air terjun Gethuk yang perlu Anda kunjungi.

1. Pantai Ngandong

Salah satu objek wisata yang paling dekat dengan Sri Gethuk adalah pantai Ngandang. Di pantai ini Anda dapat menikmati pesona alam yang sangat khas dari pantai Wonosari, yaitu batu karang yang cantik. Untuk lokasinya sendiri, Pantai Ngandong berada di Tanjungsari, Gunung Kidul, atau tepatnya terletak sekitar 3.1 Km dari Air Terjun Sri Gethuk.

2. Pantai Nglambor

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Pantai Nglambor. Ya, pantai ini memang dikenal sebagai salah satu pantai yang terkenal akan keindahan alam bawah lautnya/ tempat snorkeling. Jika ingin menikmati snorkeling di Pantai Nglambor, Anda bisa langsung datang ke Desa, Wonosari, atau sekitar 3.5 km dari wisata Sri Gethuk.

3. CaveTubing Goa Pindul

Selain Pantai Nglambor, Anda pun juga bisa berkunjung ke objek wisata CaveTubing Goa Pindul. Untuk menikmati cavetubing Goa Pindul ini, Anda pun dapat pergi ke Desa Wisata Bejiharja yang jaraknya sekitar 5.1 km dari air terjun.

4. Pantai Baron

Pantai Baron merupakan salah satu pantai di dekat Air Terjun Gethuk yang terkenal akan keindahan alam dan ombaknya yang begitu menawan. Jarak antara Pantai Baron dengan objek wisata Sri Gethuk ini kurang lebih 5.3 Km. yang mana lokasinya berada di Gunung Kidul, Wonosari, Yogyakarta.

5. Goa Jomblang

Goa Jomblang sendiri berada di sekitar 10.8 km dari Air Terjun Sri Gethuk, tepatnya terletak di Desa Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta. Di objek wisata ini Anda dapat menelusuri Goa Jomblang yang di dalamnya terdapat banyak sekali kelelawar.