Fakta - Fakta Di Tempat Taman Sari Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu tempat yang ada di Indonesia yang tidak lepas dari bangunan bersejarah serta mitos-mitosnya. Salah satu bangunan bersejarah di DIY yang ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah Taman Sari. Taman Sari merupakan bangunan unik yang meliputi jembatan gantung, kolam renang, lorong bawah tanah. Lokasi Taman Sari ini cukup mudah untuk dijangkau. Untuk lebih memudahkan Anda yang sedang berlibur ke Jogja bisa menggunakan rental mobil Jogja. Dengan menggunakan rental mobil jogja Anda bisa dengan mudah menjangkau tempat wisata seperti Taman Sari Jogja ini. Masih berbicara Taman Sari Jogja, berikut ini adalah fakta-fakta mengenai Taman Sari.

1. Bangunannya Membentang Dari Barat Daya Kompleks Kedhaton Hingga Tenggara Kompleks Mangunan

Lokasi yang digunakan untuk membangun Taman Sari secara efektif pada tahun 1765 hingga 1812. Lokasi tersebut pada awalnya membentang luas dari barat daya kompleks Kedhaton hingga tenggara Kompleks Mangunan. Saat ini sisa bangunan Taman Sari yang bisa dilihat hanyalah yang ada di barat daya kompleks Kedhaton saja. Sisa bangunan Taman Sari masih terlihat indah karena adanya perawatan yang teratur.

2. Didesain Oleh Seorang Portugis (Demang Tegis)

Sejarah menyatakan bahwa salah satu orang yang mendesain bangunan Taman Sari ini adalah orang berkebangsaan Portugis. Lengkap dengan desain arsitek yang handal membuat Taman Sari ini menjadi tempat wisata dengan daya tarik yang tinggi. Menurut sejarah, bangunan Taman Sari ini pada tahun 1812 telah hancur akibat serangan dari Inggris. Setelah itu, ditambah dengan adanya bencana gempa bumi yang terjadi pada tahun 1867. Akibat hal tersebut, kompleks  Taman Sari saat ini kurang jelas tata letak bangunannya.

3. Dibangun Pada Masa Sultan Hamengku Buwono I Abad 17

Taman Sari didirikan ada masa kesultanan Hamengku Buwono I pada tahun 1758 sampai tahun 1765. Bangunan tama sari memiliki las sekitar lebih dari 10 hektar. Tempat ini dilengkapi dengan jembatan gantung, kolam renang, lorong bawah tanah, kanal air dan danau buatan.

4. Lorong Di Taman Sari Tembus Ke Pantai Selatan

Taman Sari Jogja sebenarnya memiliki dua jalur terowongan, yang pertama adalah jalur yang tembus ke sumur gumulung. Sedangkan jalur kedua terowongan Taman Sari tembus hingga ke Pantai Selatan. Konon katanya, jaman dahulu terdapat orang yang pernah mencoba menyusuri terowongan kedua yang ada di taman Sari tersebut. Selanjutnya, secara tidak terasa seorang tersebut telah sampai di Pantai Selatan. Ada juga yang mengatakan bahwa terowongan tersebut memiliki fungsi untuk sarana penyelamatan apabila terjadi peperangan. Tidak diketahui secara pasti apakah karena hal mistis atau tidak, yang jelas terowongan tersebut kini telah dipagari oleh besi. Alasannya karena atas terowongan tersebut terbuat dari kayu, dan jika dilewati oleh orang dikhawatirkan bisa membahayakan orang tersebut.

5. Tempat Sultan Menghabiskan Waktu Bersama Puteri

Fakta yang selanjutnya  adalah bahwa Taman Sari pada jaman dahulu digunakan oleh sultan untuk berkumpul menghabiskan waktu bersama puteri. Ada juga berita yang mengatakan bahwa sultan sering melempar bunga untuk memilih seorang puteri yang akan diajaknya bercinta. Namun, sampai saat ini pernyataan tersebut masih ditanyakan kebenarannya, apakah hanya mitos atau fakta. Semoga Anda bisa memastikan dengan benar apakah hal tersebut benar adanya ataukah hanya hoax.

Demikian adalah fakta-fakta yang ada di Taman Sari Jogja.Semoga informasi ini bisa menjadi ilmu pengetahuan bagi Anda. Tetap jaga kebersihan bila Anda mengunjungi tempat bersejarah di Jogja terutama Taman Sari ini. Agar kelestarian tempat ini selalu terjaga. Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ini namun tidak ingin merasakan repotnya menggunakan transportasi umum, bisa menggunakan jasa rental mobil jogja .