Berlibur ke Jogja, Ini Wisata Jogja Dekat Malioboro Yang Bisa di Kinjungi

Saat berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama muncul di benak Anda? Tentu saja Malioboro dan Keraton Yogyakarta. Berbicara tentang Malioboro, yang selalu diingat dan dirindukan pertama kali dari Yogyakarta adalah Malioboronya. Nah Anda sedang berkunjung ke Yogyakarta dan waktu Anda terbatas? Tidak perlu khawatir, karena ada banyak wisata Jogja dekat Malioboro yang bisa Anda kunjungi dan Anda eksplor sepuasnya. Bersama rental mobil jogja hindarkan trip Anda dari gejala kelelahan dan kebosanan.

Malioboro Dan Eksotisme Yogyakarta

Dahulu, di Jalan Malioboro terdapat ada iklan rokok bermerk "Marlboro" yang dipajang dengan ukuran besar, sehingga siapapun yang lewat jalan ini pasti tahu dan bisa membacanya dengan mudah. Namun sudah menjadi kebiasaan orang Jawa saat kesulitan melafalkan istilah bahasa asing yang sedikit susah, menjadikan kata "Marlboro" menjadi "Malioboro", yang kemudian masyhur dan kemudian dijadikan nama untuk jalan ini. Sekarang, Maliobro menjelma menjadi ikon kota Yogyakarta. Dimana semua hal tentang Yogyakarta ada disini. Dari mulai budaya, kuliner, sejarah, seni, sampai romantisme Yogyakarta semua ada disini. Tak heran jika Malioboro bisa dikatakan sebagai jantung kota Yogyakarta.

Tempat Wisata Jogja Dekat Malioboro

Anda akan dengan mudah menemukan kuliner khas Jogja disini, seniman jalanan Jogja, dan suasana sejarah yang dibalut modernitas. Berikut ini beberapa tempat wisata Jogja dekat Malioboro yang akan kami list berikut ini. 

1. Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Seperti titik nol kilometer kota Surakarta yang dikelilingi bangunan-bangunan tua bersejarah, titik nol kilometer Jogja merupakan pusat kota Yogyakarta yang juga dikelilingi bangunan tua, seperti kantor pos Yogyakarta dan Benteng Vredeburg. Disarankan berkunjung pada malam hari karena tempat ini akan terlihat sangat romantis.

2. Pasar Beringharjo

Pasar yang berada di ujung jalan Malioboro ini  merupakan pusat jajanan, kuliner, dan surga belanja bagi para turis. Jadi tidak hanya di Jalan Malioboro, kuliner dan jajanan khas Jogja juga bisa Anda dapatkan disini dan lebih beragam tentunya.

3. Taman Pintar

Ini adalah wisata kekinian yang ada di Yogyakarta dan lokasinya tak jauh dari jalan Malioboro. Tepatnya di Jalan Panembahan Senopati. Dengan menyewa mobil di rental mobil Jogja Anda bisa menuju ke lokasi taman pintar dengan mudah dan cepat. Tiket masuknya sebesar 10.000 untuk anak-anak dan 18.000 untuk dewasa.

4. Keraton NgayogyakartaHadiningrat

Berjalanlah lurus ke arah selatan dan Anda akan tiba di keraton yang legendaris ini. Melihat langsung aktivitas para abdi dalem dan para keluarga kerajaan secara langsung akan mengingatkan kita pada indahnya budaya Indonesia. Berkunjunglah pada jam 9.00-14.00. Tiket masuknya sebesar 5000 rupiah per orang dan 15.000 rupiah untuk turis asing.

5. Alun-Alun Kidul

 Dari keraton, berpindahlah ke alun-alun kidul. Dimana Anda bisa mencoba berjalan di antara dua pohon beringin kembar dengan mata tertutup. Yang konon jika berhasil berjalan lurus melewatinya, maka nasib Anda akan mujur.

6. Benteng Vredeburg

Benteng yang dibangun untuk mengawasi aktivitas keraton serta menjadi pusat pengendalian di wilayah Yogyakarta. Terletak tepat di titik nol kilometer Yogyakarta, halamannya kini dimanfaatkan untuk tempat parkir roda empat.

7. PJL 3A-3B

PJL atau palang perlintasan kereta api geser ini sangat terkenal di antara para Railfans atau pecinta kereta api. Karena PJL ini hanya ada satu di Indonesia. Terletak tepat di depan stasiun Tugu, disini merupakan spot pas berburu kereta yang sedang datang, berangkat, maupun langsir.

Demikian tadi 5 wisata Jogja dekat Malioboro yang bisa Anda kunjungi. Jangan lupa menyewa mobil untuk perjalanan Anda di rental mobil jogja.