5 Zona Unik Yang Menjadi Daya Tarik Taman Pintar Jogja

Taman Pintar Jogja adalah sebuah wahana edukasi yang dikemas dengan suasana rekreasi yang sangat menyenangkan. Yakni sebuah sarana edukasi yang bisa menambah wawasan bagi para pelajar dan masyarakat umum. Sesuai dengan namanya, taman pintar dirintis karena terinspirasi atas berdirinya pusat peragaan iptek di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Karena itu, dibangunlah Taman pintar ini pada bulan Mei 2006 dan diresmikan pada tanggal 7 Juni 2007. Peresmian ini disahkan oleh gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta  bersama dua menteri antara lain menteri riset dan teknologi dan pendidikan. Taman pintar menerapkan sistem pendidikan yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara. Yaitu niteni (memahami), nirokake (menirukan) dan nambahi (menambahkan). Melalui sistem ini, para pengunjung akan semakin tertarik untuk belajar sambil menikmati wisata. Untuk berkeliling taman pintar, kita bisa menggunakan jasa rental mobil jogja . karena masih banyak  suguhan zona-zona menarik yang bisa kita jelajah untuk menambah pengetahuan kita.

Taman pintar Jogja memang memiliki daya tarik tersendiri di mata masyarakat. Tak heran jika Taman pintar menjadi tempat wisata di Jogja yang paling banyak dikunjungi. Karena selain menjadi sarana rekreasi sambil belajar, di taman pintar ini kita akan mendapati berbagai zona unik yang menjadi daya tarik Taman Pintar Jogja ini.

1. Zona Playground

Zona Playgrund adalah sebuah zona tempat penyambutan bagi para wisatawan yang baru masuk ke taman pintar. Area unik yang satu ini sangat tepat bagi kita yang sedang berwisata bersama anak-anak. Karena di sini, telah disediakan berbagai macam wahana permainan dan alat peraga yang bisa diakses dengan gratis. Kita bisa memanfaatkan jasa rental mobil jogja untuk berkeliling di zona playground ini. Karena Selain wahana permainan anak, Banyak tempat lokasi menarik yang ada di zona ini. Salah satunya adalah taman air menari. Yaitu sebuah lokasi air mancur yang bisa digunakan tempat bermain air bagi anak-anak.

2. Gedung Paud Barat Dan Timur

Setelah berkeliling Zona playgorund dengan menggunakan rental mobil Jogja, kita bisa meneruskan ke Gedung Paud barat dan timur. Tempat ini sangat cocok bagi anak anak TK dan Paud. Karena di tempat ini berisi permainan edukasi dan alat peraga yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan mereka. Adapun permainan edukasi di gedung paud barat meliputi perpustakaan, ruang profesi, sains dan teknologi serta religi dan budaya. Sedang untuk gedung paud timur berisi ruang pertunjukan, petualangan, Flora dan Fauna, dan komputer kids&puzzle.

3. Gedung Oval-Kotak

Gedung Oval-Kotak ini lebih banyak menampilkan wisata edukasi sains sangat menyenangkan. Dalam gedung ini terbagi menjadi dua gedung. Yaitu gedung kotak yang terdiri dari 8 zona. Zona-zona ini meliputi zona keris, batik,planningcity, pengolah, air, candi Borobudur dan yang lainnya. Gedung kedua yaitu gedung oval yang terdiri dari 12 zona. Dimana zona ini meliputi TV Trainer, cuaca iklim dan gempa, nuklir, terowongan ilusi dan lainnya.

4. Gedung Memorabilia

Gedung memorabilia ini berisi segala informasi tentang pengetahuan sejarah kesultanan dan beberapa tokoh sejarah. Tokoh-tokoh tersebut meliputi tokoh pendidikan, tokoh presiden RI, pahlawan nasional, dan tokoh lainnya. Dalam gedung ini terdapat 3 zona. Zona tersebut antara lain tokoh pendidikan, Kepustakaan kepresidenan, dan sejarah kesultanan Keraton.

5. Planetarium

Zona unik di Taman Pintar Jogja yang terakhir adalah zona planetarium. Di zona ini pengunjung akan disuguhkan dengan informasi pengetahuan seputar antariksa dan tata surya. Dan yang lebih istimewa di zona ini adalah penggunaan proyektor digital. Sehingga pengunjung seolah-olah bisa menyaksikan langsung benda-benda langit di antariksa ini. Tak hanya itu, di zona ini juga disediakan program kreativitas bagi pengunjung. Seperti lukis kaos, kreasi batik, presenter TV, lukis gerabah dan sebagainya.