Fakta - fakta Menarik Seputar Gumuk Pasir Jogja

Salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang memiliki daya tarik kuat adalah Gumuk Pasir Parangkusumo yang terletak di pesisir Pantai Parangtritis. Banyak wisatawan yang berdatangan mengunjungi tempat ini dikenakan tempat ini cukup langka di dunia. Kebanyakan wisatawan hanya mengira bahwa Gumuk Pasir Parangkusumo hanya bisa digunakan untuk sandboarding. Namun jangan salah, gumuk Pasir Parangkusumo memiliki beberapa fakta unik yang harus Anda ketahui. Berikut ini adalah ulasan mengenai fakta unik yang ada di Gumuk Pasir Jogja.

1. Satu-satunya Tempat Sandboarding di Indonesia

Tahukah Anda? Apabila  Gumuk Pasir Parangkusumo adalah satu-satunya tempat yang bisa digunakan untuk aktivitas sandboarding di Asia Tenggara. Untuk menikmati kegiatan sandboarding ini, Anda harus mengeluarkan dana sebesar Rp. 70.000,00,. Dengan dana tersebut, Anda sudah bisa menyewa papan untuk sandboarding secara puas. Selain itu, Anda juga sudah didampingi oleh pemandu yang akan mengajarkan Anda cara meluncur dari gundukan pasir.

Lokasi gumuk pasir Jogja ini tak jauh dari Pantai Parangtritis. Untuk menuju ke Pantai Parangtritis Anda bisa menggunakan jasa  sewa mobil jogja apabila tidak ingin repot memakai transportasi umum. Bagi Anda yang tertarik dengan sandboarding bisa langsung mendatangi tempat wisata ini.

2. Gumuk Pasir BertipeBarchan

Pasti Anda bertanya-tanya apa sih barchan itu? Ternyata barchan merupakan jenis gumuk pasir yang merujuk pada Gumuk Pasir Parangkusumo ini. Gumuk pasir merupakan fenomena alam yang terbentuknya dipengaruhi oleh angin dan menjadi gundukan pasir yang cukup tinggi. Saat Anda memasuki gumuk pasir Parangkusumo, pada gerbang masuknya Anda akan menjumpai tulisan “Gumuk Pasir Barchan”. Berdasarkan definitif, gumuk pasir bertipebarchan memiliki ketinggian 5-15 meter. Erupsi gunung Merapi adalah awal yang terbentuknya gumuk pasir tersebut. Dengan ketinggian antara 5 hingga 15 meter lebih, membuat gumuk pasir ini cocok untuk kegiatan sandboarding.

3. Lokasi Indah Untuk Prewedding

Setiap pasangan manusia tentunya ingin menjadikan momen istimewa yaitu pernikahan sebaik mungkin. Salah satunya adalah dengan membuat foto prewedding. Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang ingin melakukan sesi foto prewwedding. Selain untuk foto prewedding, gumuk pasir ini juga tidak jarang digunakan sebagai pembuatan video klip.

4. Gumuk Paling Istimewa di Jogja

Gumuk Pasir ini terletak di seluruh garis lintang di dunia, dimulai dari kutub hingga katulistiwa. Berdasarkan situs Parangtritis GeomaritimeScience Park menunjukkan bahwa gumuk pasir ini termasuk dalam gumuk pasir pesisir (coastaldunes). Coastaldunes yang ada di Asia Tenggara sedikitnya terdapat 3 yaitu Vietnam (MuiNeSandDunes), Filipina (La PazSandDunes) dan Indonesia. Di Negara Indonesia sendiri sebenarnya memiliki beberapa gumuk pasir yang memanjang di Selatan Jawa. Hanya saja pembentukan yang paling menonjol terdapat di Yogyakarta.

5. Gumuk Pasir Langka

Gumuk pasir yang ada di Vietnam dan juga Filipina juga bertipebarchan, namun Gumuk Pasir Jogja memiliki keistimewaan sendiri. Secara garis besar, gumuk pasir dibedakan atas perbedaan iklimnya. Pada iklim kering dan setengah kering atau arid dan semi arid, gumuk pasir lebih banyak ditemukan dengan tipe barchan. Sedangkan pada iklim basah, gumuk pasir umumnya berjenis gumuk membusut atau hummockdunes serta gumuk arabolik atau parabolikdunes. Uniknya, gumuk Pasir Parangkusumo ini bertipebarchan namun iklimnya tropika basah. Hal tersebut membuat gumuk pasir ini menjadi sangat langka.

Demikian adalah ulasan mengenai fakta-fakta unik yang ada pada Gumuk Pasir Jogja. Semoga informasi ini bisa menjadi ilmu pengetahuan bagi Anda tentang tempat wisata di Indonesia. Gumuk pasir Parangkusumo ini cukup sulit jika dijangkau dengan menggunakan transportasi umum. Untuk memudahkan perjalanan, sebaiknya Anda menggunakan jasa rental mobil Jogja. Dengan  rental mobil jogja Anda akan dengan mudah menelusuri tempat wisata yang ada di Jogja.