Keunikan Candi Kalasan Jogja Yang Harus Anda Ketahui

Membahas tentang wisata sejarah yang ada di Kota Yogyakarta sepertinya tidak ada habisnya. Nah kali ini penulis akan membahas salah satu peninggalan sejarah yang ada di Kota Yogyakarta yaitu Candi Kalasan. Candi ini merupakan peninggalan sejarah yang menarik untuk ditelusuri secara mendalam. Baik itu dari sisi sejarahnya, ornamennya, maupun keunikan-keunikan lainnya. Candi ini merupakan Candi Budha tertua di Yogyakarta. Hal ini terlihat dari prasasti kalasan yang dibuat tahun 778 M atau sekitar 700 tahun saka. Bagi anda yang penasaran dengan Candi ini, anda dapat memanfaatkan jasa  rental mobil jogja untuk menemani kunjungan anda. Disana anda akan disuguhkan dengan keindahan bangunan candi, serta keunikan yang dimiliki oleh Candi ini.

Sebagai permulaan, berikut ini adalah beberapa keunikan Candi Kalasan yang harus andaketahui. 5 keunikan yang dimiliki oleh Candi Kalasan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Bahan Perekat Relief

Ornamen pada candi ini sedikit berbeda dengan candi-candi yang lainnya. Salah satu keunikan yang ada pada ornamennya yaitu terletak pada bahan yang digunakan untuk menempelkan relief didinding luar. Dimana bahan perekat ini tidaklah dibuat dari bahan kimia, melainkan dari bahan alami. Bahan tersebut terbuat dari getah tumbuhan yang secara khusus memang untuk menempelkan relief. Walaupun ditempel dengan getah tumbuhan, candi ini tetap mampu berdiri kokoh dan begitu indahnya. 

2. Bentuk Bangunan

Bentuk dari bangunan candi ini sama seperti bujur sangkar dengan ukuran bangunan 45 x 34 meter. Selain itu, bangunan tersebut terdiri 3 bagian utama yaitu mahkota, tubuh dan kaki candi. Dan di dalam bangunan candi ini, terdapat 1 kamar utama dan 4 kamar lainnya. Untuk dapat menuju mahkota di setiap sisi bangunan ini terdapat pintu masuk dan anak tangga yang ornamennya dapat mencuri perhatian pengunjung.

3. Adanya Patung Dewa

Didalam Candi Kalasan tepatnya di bagian tengah atau tubuh bangunan ada sebuah patung yang mencuri perhatian para pengunjung. Patung tersebut adalah patung dewa yang berdiri tegak dan membawa bunga teratai. Keindahan ini didukung dengan adanya tahta yang berukiran singa. Sehingga tidak jarang para pengunjung ingin mengabadikan keindahan ini melalui foto. 

4. Mahkota Candi Kalasan

Mahkota Candi Kalasan atau yang kerap disebut dengan atap candi ini memiliki dua tingkat yang berbentuk persegi delapan. Di tingkat pertama terdapat arca dengan ornamen manusia budha. Sedangkan pada tingkat ke dua, ada sebuah Arca Dhayani Budha serta beberapa stupa.

5. Ornamen Candi Kalasan

Selain bangunan candi yang nampak indah, ornamen Candi Kalasan juga terukir dengan detail. Keindahan ornamen ini terlihat dari beberapa sisi, salah satunya yaitu ada di anak tangga yang menuju mahkota. Dimana di bagian kaki anak tangga tersebut terdapat ornamen kepala naga. Keindahan ornamen tersebut didukung dengan adanya ukiran sulur-sulur yang dipadukan dengan Arca Gana dengan perut buncitnya.Selain itu ornamen yang terdapat pada mahkota Candi Kalasan ini terlihat sangat indah.

Bagaimana? Setelah mengetahui keunikan tersebut, apakah anda semakin yakin untuk mengunjungi candi ini. Bagi anda yang ingin berkunjung, Wisata Candi Kalasan ini buka setia hari pada jam 06.00-18.00 WIB. Dan untuk harga tiket masuknyapun cukup terjangkau yaitu hanya Rp 5.000.

Untuk anda yang ingin berkunjung ke Candi Kalasan dan ingin menyewa mobil, jangan khawatir. Karena kini tersedia rental mobil Jogja yang dapat anda manfaatkan untuk trip ke Candi Kalasan. Demikian informasi tentang keunikan Candi Kalasan, Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa untuk memanfaatkan  rental mobil jogja untuk mengantar anda keliling Kota Yogyakarta.